Selasa, 16 Agustus 2016

10 Perguruan Tinggi Terbaik versi Pemerintah


TEMPO/ Imam Yunni
TEMPO/ Imam Yunni
TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuat daftar peringkat nasional perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Pemeringkatan oleh tim independen dari Kementerian berdasarkan pada penilaian akademik maupun administrasi kampus.
“Tidak ada intervensi dari tim,” kata Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo di kantornya, Rabu, 17 Agustus 2016.
Patdono menjelaskan, kriteria akademik dilihat berdasarkan prestasi dosen dan mahasiswa. Termasuk, kata dia, jumlah dosen yang mengajar di setiap kampus, serta rekam jejak para dosen tersebut. Tim dari Pendidikan Tinggi itu juga merujuk kepada hasil penilaian mutu dosen.
Penilaian administrasi dilihat dari laporan keuangan perguruan tinggi. Tata kelola keuangan selama tiga tahun terakhir termasuk ke dalam poin penting penilaian. Perguruan tinggi harus mendapat predikat wajar tanpa pengecualian.
Patdono mengatakan pihaknya akan mendorong sepuluh perguruuan tinggi yang masuk peringkat untuk menuju perguruan tinggi kelas dunia. Instititut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia (UI) menjadi tiga perguruan tinggi dengan peringkat teratas berdasarkan hasil penilaian tim.
Universitas Indonesia menggeser posisi yang pada tahun lalu ditempati oleh Institut Pertanian Bogor. Sementara IPB turun satu peringkat. Berikut 10 besar peringkat perguruan tinggi versi Kementerian Pendidikan Tinggi:
1.Institut Teknologi Bandung nilai 3,78
2.Universitas Gadjah Mada nilai 3,72
3.Universitas Indonesia nilai 3,69
4.Institute Pertanian Bogor nilai 3,54
5.Universitas Brawijaya nilai 3,24
6.Institut Teknologi Sepuluh November nilai 3,17
7.Universitas Airlangga nilai 3,15
8.Universitas Hasanuddin nilai 3,06
9.Universitas Diponegoro nilai 3,04
10.Universitas Padjadjaran nilai 2,97

 

0 komentar:

Posting Komentar

Video Perkenalan Diri

Sample Text

Dafta Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.